oleh

Kapolres Demak Pimpin Apel Kasatkamling Tahun 2023

Detik Bhayangkara.com, Demak – Kapolres Demak AKBP Muhammad Purbaya memimpin Apel Kepala Satuan Keamanan Lingkungan (Kasatkamling) Tahun 2023, Rabu (21/6/2023) di lapangan Setda Demak.

Apel Kasatkamling diprakarsai Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Demak dengan tema “Revitalisasi Satkamling Guna Meningkatkan Harkamtibmas Dalam Rangka Menghadapi Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024”.

Apel juga dihadiri oleh Bupati Demak beserta jajaran Forkopimda, pejabat utama Polres Demak, personel TNI-Polri dan perwakilan Kasat Kamling.

Dalam sambutannya, Purbaya mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan pihaknya merupakan salah satu upaya Polri untuk
mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling di wilayah Demak.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa,” katanya.

menurut Purbaya, situasi Kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia.

Untuk itu, Satkamling sangat sentral sekali berperan dalam membantu tugas Polri bidang Harkamtibmas.

“Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa,oleh karena itu,kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat,” jelasnya.

Purbaya menambahkan, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas,terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024 mendatang.

“Saya berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing,jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama,” pungkasnya.

Apel diakhiri dengan penyerahan hadiah lomba Satkamling yang dimenangkan oleh Desa Karanganyar,Kecamatan Karanganyar Demak yang digelar oleh Sat Binmas Polres Demak. ( ADHI S )

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed