oleh

Ada Apa….?!!! Kades Bologarang Tiga Kali Mangkir Dalam Panggilan Sidang

-daerah-10,529 views

Detik Bhayangkara.com, Semarang – Lanjutan Sidang Ajudikasi Non Litigasi antara Ahmad Arifin warga Desa Mangunsari Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan sebagai pemohon melawan Kepala Desa Bologarang Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan sebagai termohon yang bertempat di ruang sidang Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, Selasa (19/09/2023).

Adapun sidang ini adalah merupakan sidang yang ketiga kalinya dan masih dalam tahapan klarifikasi para pihak yang ke tiga,dan sejak awal dari pihak termohon belum pernah sekalipun hadir dalam sidang.

Kasus ini berawal saat Arifin mengajukan beberapa permohonan dokumen dan informasi kepada Pemdes Bologarang pada 8 Juni 2023 yang lalu dan dikarenakan tidak ada tanggapan dari pihak Pemdes Bologarang, sehingga pada 23 Juni 2023 Arifin mengirimkan surat kedua (Pengajuan Keberatan) kepada Atasan PPID Desa Bologarang dalam hal ini Kepala Desa Bologarang.

Setelah pengajuan keberatan tidak ada tanggapan juga hingga 30 hari kerja, sebagaimana diatur dalam UU KIP nomor 14 tahun 2008 dan Perki nomor 1 tahun 2018,maka selanjutnya Arifin mengajukan Permohonan Penyelesaian Sengketa Informasi ke Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah pada 14 Agustus 2023.

Setelah permohonan PSI diterima di Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah dan diregistrasi dengan nomor 061/SI/VIII/2023, selanjutnya Panitera mengundang para pihak baik pemohon maupun termohon secara patut melalui undangan resmi.

Pada sidang pertama agenda klarifikasi I pemohon hadir namun termohon dalam hal ini kepala desa Bologarang tidak hadir.

Kemudian Panitera mengundang lagi kedua belah pihak namun kedua belah pihak tidak dapat hadir, dan klarifikasi ketiga Panitera kembali mengundang kedua belah pihak namun hanya pemohon yang hadir, sementara menurut keterangan Panitera di persidangan termohon tidak bisa hadir tanpa ada alasan yang jelas,sebagaimana keterangan yang disampaikan Panitera kepada Majelis Komisioner dalam sidang klarifikasi ketiga pada Selasa,19/09/2023.

Asrofin,Ketua Majelis Komisioner saat ditemui awak media usai persidangan mengatakan, ketidak hadiran dan mangkirnya termohon dari beberapa kali sidang ini sama halnya melecehkan lembaga/institusi penegak keterbukaan, padahal setiap kali sidang kita selalu memanggil kedua belah pihak secara resmi dan patut.

“Dengan mangkirnya termohon dalam beberapa kali sidang ini tentunya akan semakin menguatkan pemohon dalam putusan nanti karena hanya satu pihak yang bisa kita klarifikasi,sehingga agenda berikutnya adalah langsung pembuktian dan kesimpulan, dan ini lebih mempercepat proses sidang jika termohon selalu mangkir,” tuturnya.

Sementara itu pemohon informasi Ahmad Arifin sangat menyayangkan kepada Kades Bologarang yang selalu mangkir dalam sidang, ada apa sebenarnya?!!!.

Sangat saya sayangkan kepada Pak Kades Bologarang yang selalu tidak hadir dalam setiap persidangan Ajudikasi Non Litigasi ini,harusnya beliau bisa hadir sehingga perkara ini menjadi jelas.

“Saya hanya ingin memperoleh beberapa informasi yang menurut saya perlu saya pelajari dan saya cross cek di lapangan, namun hingga saat ini beliau sebagai Badan Publik menurut saya selalu menutup diri,hingga akhirnya terjadi sidang sebagaimana hari ini,kalau dokumen dan informasi yang saya minta sejak awal diberikan tak mungkin sampai sidang seperti ini,” ucapnya dengan nada kejengkelan.

Arifin menambahkan, bahwa dirinya meminta dokumen dan informasi ini sudah diatur sebagaimana Undang – Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang diikuti dengan Peraturan Komisi Informasi (Perki) nomor 1 tahun 2018 tentang Standar Layanan Informasi Publik Desa (SLIP Desa).

“Sangat disayangkan jika seorang figur publik tidak menaati aturan ini,dan menurut saya ini adalah preseden buruk bagi keterbukaan,” ujarnya.

“Kalau boleh kami sampaikan sebuah quote “Kalau Bersih Kenapa Risih,” pungkasnya. (Adhi S)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed