oleh

Pemdes Lere Jaya Tindak Lanjuti Arahan Presiden RI Salurkan Bantuan Beras Pangan Kepada Masyarakat

-daerah-11,089 views

Detik Bhayangkara.com, Koltim – Bertempat di Balai Desa Lere jaya (23/9/2023) berlangsung acara penyerahan bantuan pangan beras dari pemerintah melalui Bulog. Bantuan diserahkan langsung oleh Kades Lere jaya didampingi Ketua TPPKK, sementara itu Desa Lere jaya mendapatkan 78 KPM bantuan pangan beras dengan masing-masing penerima bantuan pangan akan mendapatkan 10 kg beras.

Lebih lanjut acara penyerahan bantuan berjalan dengan aman, tertib dan lancar, dengan dibantu perangkat desa dan turut dihadiri oleh pendamping TKSK serta perangkat desa.

Dijelaskan, penyaluran bantuan pangan ini merupakan program pemerintah melalui badan pangan nasional (Bapanas) dengan penugasan kepada Perum BULOG sebagai operator pemerintah dalam bidang ketersediaan beras. Penyaluran bantuan pangan beras 2023 oleh BULOG merupakan tindak lanjut arahan Presiden RI, Joko Widodo, guna menjaga stabilitas pangan dan menekan laju inflasi.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian Pemerintah kepada masyarakat dengan tujuan untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu. Apalagi di momen kemarau seperti saat ini dimana kebutuhan pokok masyarakat seperti beras mengalami peningkatan yang berimbas pada kenaikan harga di pasar,” ungkap Kades Lere jaya Sukriadi.SHI

Seperti diketahui, bantuan beras ini merupakan bagian dari penyelenggaraan penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) berdasarkan Perpres 125 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah dan ditindaklanjuti dengan Perbadan Nomor 12 tahun 2022 tentang Cadangan Beras Pemerintah. Dalam penyelenggaraan CPP tersebut, pemerintah dapat menyalurkan CBP untuk antisipasi, mitigasi, dan pelaksanaan keperluan yang ditetapkan pemerintah antara lain stabilisasi harga, mengatasi masalah pangan, mengatasi krisis pangan, dan pemberian bantuan pangan. (@ntDB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed