oleh

Desa Gunung Panti Gelar Sedekah Bumi dengan Sangat Meriah

-daerah-10,322 views

Detik Bhayangkara.com, Pati – Seperti Desa – desa yang lainnya, Desa Gunung Panti Kecamatan Winong, Kabupaten Pati juga menggelar adat “Sedekah Bumi” dalam rangka nguri – nguri kebudayaan jawa yang sudah ada turun – menurun sejak nenek moyang kita, sebagai rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa, Rabu ( 9/5/2024 ).

Dalam sedekah bumi ini, pembukaannya diawali dengan berbagai hiburan yang sengaja disuguhkan untuk warga desa sendiri maupun para pengunjung yang ingin melihat secara langsung gebyarnya sedekah bumi yang oleh Pemerintahan Desa Gunung Panti, Kecamatan Winong tentunya.

Apa saja suguhan kesenian yang ditampilkan oleh masyarakat Desa Gunung Panti?, ternyata ada beberapa hiburan yang digelar hingga membuat antusias para pengunjung
baik penduduk lokal maupun tetangga desa, antara lain : Karnaval yang dimeriahkan Group Drum Band dengan berkeliling desa,Tari – tarian Jawa, atraksi Reyog Ponorogo dan aktraksi Barongan, serta Ondel -ondel.

Dan untuk malam hari ini akan digelar pertunjukan Wayang Kulit dengan menampilkan Ki Dalang Mahesa yang sudah tidak asing lagi dikenal di wilayah Kabupaten Pati.

Serta besok malamnya, akan digelar pula Ketoprak untuk nguri – nguri Budaya Jawa dan melestarikannya agar tidak punah terkikis oleh era digital sebagai penutup dari kegiatan sekedar bumi di Desa Gunung Panti, Kecamatan Winong.

Awak media saat mewawancarai salah satu warga yang bernama Sugiarto Priambudi atau panggilan kerennya ( Rahmat Jati) termasuk pemuka desa dan juga sebagai pengusaha meubel terbesar di Desa Gunung Panti menyampaikan, bahwa digelarnya sedekah bumi bertujuan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kedamaian, kesehatan, jauh dari bencana serta rejeki yang barokah, dengan bukti hasil panen pertanian, perikanan, peternakan dan lain sebagainya dapat dinikmati masyarakat atau penduduk Desa Gunung Panti, Kecamatan Winong dengan penuh berkah saat ini.

“Semoga dengan sedekah bumi ini dapat mewujudkan masyarakat Desa Gunung Panti, gemah ripah loh jinawi,” pungkas Budi. ( Adhi S )

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed