oleh

Pemkab Kediri Gandeng UNESA Kembangkan Potensi Daerah Lewat Pagelaran Cerita Rakyat

-daerah-11,939 views

Detik Bhayangkara.com, Kediri – Dalam rangka menarik minat wisatawan, Pemerintah Kab. Kediri melalui Balitbang Kab. Kediri bersama dengan Universitas Negeri Surabaya ( UNESA ) berkolaborasi menggelar acara Pagelaran Cerita Rakyat di Kab. Kediri. Rangkaian acara kajian implementarisasi cerita rakyat ini dilaksanakan di Convention Hall. Hadir dalam acara tersebut kepala Balitbang Kab. Kediri Drs. Eko Setiyono, M.Si, Perwakilan dari UNESA, Kepala Disbudpar Kab. Kediri, Ketua Dewan Kesenian Kab. Kediri dan para peserta serta tamu undangan.

Acara dilaksanakan pada 13.00 WIB, diawali dengan sambutan dari Kepala Balitbang dan diakhiri dengan doa agar acara berjalan dengan lancar.

Tampak keseruan dalam acara ini, para penonton sangat menikmati pagelaran yang dibawakan oleh para peserta. Adapun pagelaran yang dipertontonkan meliputi seni tari, dongeng dan sejarah desa di Kab. Kediri yang nantinya diharapkan memperkaya kesenian daerah khas Kab. Kediri. Pagelaran ini menjadi salah satu acuan di bidang Pariwisata Daerah.

” Dengan adanya pertunjukan yang ada di depan akan menjadi bahan jualan kita dalam Pariwisata Daerah,” Jelas Eko Setiyono.

Terdapat kurang lebih 10 perwakilan dari masing – masing desa yang ada di Kab. Kediri ikut serta dalam memeriahkan acara ini. Menampilkan cerita legenda dari masing – masing desa maupun daerah di kawasan Kab. Kediri, yang kemudian nantinya akan digali dan diaktualisasikan dalam bentuk tari maupun cerita rakyat.

” Ini adalah sebuah bahan untuk membuat semacam menu dan menu tersebut akan disajikan kepada tamu yang datang,” tambahnya.

Dari kegiatan ini tidak menutup kemungkinan untuk menulis cerita dalam bentuk naskah dan diaktualisasikan dalam bentuk cerita rakyat. Bahan penulisan ini terdiri dari cerita rakyat masa lalu yang ditampilkan kembali dengan bentuk lukisan, film dan lain sebagainya.

Sebagai informasi, tujuan utama diadakan pagelaran cerita rakyat ini adalah untuk mendukung visi misi Mas Bup dalam pengembangan Pariwisata dan kearifan lokal yang nantinya diharapkan Pariwisata di Kab. Kediri menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luar. (RD)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed